Definisi Herbal

definisi herbalObat Herbal  atau jamu adalah obat rakyat atau obat tradisional yang  dipraktekkan berdasarkan penggunaan tanaman dan ekstrak tanaman. Herbal adalah juga dikenal sebagai obat botani, jamu medis, obat herbal, Herbologi, herblore, dan Phytotherapy. Lingkup jamu adalah kadang-kadang diperluas untuk mencakup produk-produk jamur dan lebah, serta mineral, kerang dan bagian binatang tertentu. Pharmacognosy adalah studi tentang obat-obatan yang berasal dari sumber alami.

Penggunaan obat tradisional diakui sebagai cara untuk belajar tentang obat potensial di masa depan. Pada tahun 2001, peneliti mengidentifikasi 122 senyawa digunakan dalam pengobatan utama yang berasal dari “ethnomedical” sumber tanaman;. 80% dari senyawa-senyawa yang digunakan dalam cara yang sama atau terkait seperti penggunaan ethnomedical tradisional.

Tanaman telah merevolusi kemampuan untuk mensintesis senyawa kimia yang membantu mereka mempertahankan diri terhadap serangan dari berbagai predator seperti serangga, jamur dan mamalia herbivora. Secara kebetulan, beberapa senyawa ini, sementara yang beracun untuk tanaman predator, ternyata memiliki efek menguntungkan bila digunakan untuk mengobati penyakit manusia. Metabolit sekunder tersebut sangat bervariasi dalam struktur, banyak zat aromatik, yang kebanyakan fenol tersubstitusi atau oksigen turunan mereka. Setidaknya 12.000 telah diisolasi sejauh ini,  diperkirakan kurang dari 10% dari total. Senyawa kimia dalam tanaman memediasi efek mereka pada tubuh manusia dengan cara mengikat molekul reseptor hadir dalam tubuh, proses tersebut identik dengan mereka yang sudah dipahami dengan baik untuk obat konvensional dan sebagai obat herbal seperti tidak berbeda jauh dari obat konvensional dalam hal bagaimana mereka bekerja. Hal ini memungkinkan obat-obatan herbal yang ada pada prinsipnya sama efektifnya dengan obat-obatan konvensional tetapi juga memberi mereka potensi yang sama untuk menimbulkan efek samping yang berbahaya. Banyak bumbu dan rempah-rempah yang digunakan oleh manusia untuk musim menghasilkan senyawa makanan obat yang berguna.

Demikian pula untuk obat resep, sejumlah herbal yang dianggap cenderung menyebabkan efek yang merugikan. Lebih jauh lagi, “pemalsuan, formulasi yang tidak tepat, atau kurangnya pemahaman tentang interaksi tanaman dan obat telah menyebabkan reaksi merugikan yang kadang-kadang mengancam kehidupan.

Sumber; http://en.wikipedia.org/wiki/Herbalism dengan sedikit penyesuaian terjemahan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: